Tentang PureZilla

Latar Belakang

Di era globalisasi ini, informasi semakin banyak diakses maupun di berikan melalui media yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas, yaitu internet, dengan media website yang akan menyajikan informasi secara akurat dan terus terupdate setiap saat, dan akhir-akhir ini website digunakan sebagai media pemasaran produk dari produsen ke konsumen atau media pemesanan dari konsumen ke konsumen yang biasa disebut e-commerce.

Banyak produk yang bermunculan dengan berbagai merk yang diproduksi oleh beberapa perusahaan yang seringkali terdengar familiar di kalangan konsumen, namun seringkali pula konsumen kurang mengetahui dan mengenali gambaran fisik dari produk yang diinginkan. Untuk mencari produk yang diinginkan, kadang konsumen harus membandingkan harga dari masing-masing toko elektronik yang ada di internet. Hal ini membutuhkan waktu lama karena konsumen membuka bermacam-macam alamat yang berbeda untuk membandingkan produk yang dicari.

Begitu banyak website-website produsen yang mengiklankan produknya, mulai dari pakaian, buku hingga alat-alat elektronik. Proyek ini difokuskan pada produk laptop, dimana laptop seringkali digunakan dan dicari oleh banyak konsumen IT.

Proyek ini ingin membuat add-on pada mozilla yang menyediakan fitur-fitur seperti menyediakan thumbnail gambar dan info-info tertentu seperti contohnya harga dalam rupiah dan dolar untuk memudahkan konsumen yang ingin menemukan produk yang diketikkan pada text field google search engine.

Tujuan

Mempermudah calon pembeli untuk dapat melihat produk yang diinginkan melalui internet dan memberikan alternatif referensi bagi calon pembeli untuk memilih produk yang sejenis.

Deskripsi Purezilla

Produk yang akan dibuat merupakan produk open source yang berlisensi Mozilla Public License. Produk ini merupakan add on dari browser mozilla. Produk ini sangat berguna untuk membantu calon pembeli dalam mencari suatu produk dengan cara memberikan referensi untuk produk yang sejenis dengan mengambil informasi dari seluruh website e commerce yang ada. Informasi yang dimaksud adalah informasi mengenai harga dan deskripsi dari produk yang bersangkutan. Kedepannya diharapkan produk ini mampu melakukan perhitungan ke mata uang sesuai yang diinginkan oleh pengguna.

Fitur Purezilla

Objektif utama dari project open source PureZilla adalah melakukan searching informasi rekomendasi produk elektronik. Purezilla menyediakan rekomendasi produk elektronik yang datanya didapat dari web service situs ecommerce seperti Amazon dan situs rekomendasi produk seperti CNET. Untuk rilisan awal dari PureZilla ini fitur yang akan diimplementasikan adalah :

  • · Search produk elektronik
  • · Menampilkan gambar dari hasil pencarian
  • · Menampilkan deskripsi singkat dari hasil pencarian
  • · Menampilkan harga hasil pencarian dalam kurs dollar
  • · Menampilkan rekomendasi produk yang berkorelasi dengan hasil pencarian

Pengembangan lebih lanjut dari PureZilla akan diarahkan kepada penyediaan informasi produk yang lebih lengkap serta kurs harga yang lebih banyak.

Advertisements

Responses

  1. KAMBING Project mengucapkan..
    Selamat Berjuang..!!

    one of the developer team member of KAMBING Project

    purezilla team: Sama-sama ya, kita berjuang…!!! 🙂

  2. =)) latar belakang yg standar……….
    ganti dong……
    🙂

    keep fight

  3. azazeel : terima kasih atas masukannya

  4. ora mudeng maxute

  5. coba liat perkembangan hari ini mngkn bisa bikin tambah mudeng. klo msh g bolehditanyakan mana yg g mudeng

  6. biasa..perlu pengembangan…

  7. trims atas kommennya

  8. Goood…..goood…..goooooooooooood, cuman perlunya apaan yah? kalo soal dolar ama rupiah sie…keliatannya perlu dikembangin dikit tuh bang ITS….mungkin situ bisa nambah di kembangin ke rekomendasi produk. misalnye: cari software, atau hardware apa gitu…terus ada input tingkat kebutuhannya mo buat ape fungsinye, jadi lu orang bisa kasih rekomendasi ke produk ape gitu….soalnya kite-2 banyak kagak ngarti mo beli produk yg pas yang mane..kan keliatannye bagus semue.

  9. oh ye..lupa: numpang ngetop ye..boleh kan: http://www.emilsl.wordpress.com

  10. please visit our website
    airputih project is an open source project to share and learn together
    airputih project is a sophisticated tools for blogger
    Be fresh | Be original

    [ Developer Team ]
    -airputih project-

  11. info searchnya / source info nya dari mana nih?
    crawling ?

  12. oei, bos… rilis hari ini (5 november) udah gw download (beuh di spam di YM seh)

    tapi mana neh addonnya, kagak keliatan. cari di interface mana tombol, menu atau apa aja yang bisa menuju jalanin nih addon.

    kirain bakal muncul di search bar juga kagak.

    nampang di list addon aja TT_TT

    mungkin bisa diperjelas bos…

    sudah berharap bisa mencicipi neh

  13. ralat, ternyata nongol di pojok kanan bawah toh..

    cuman waktu tes seusai perkataan dev, keknay search methodnya masih perlu optomasi.

    kalo boleh saran, jangan cuman ngasih 1 hasil aja donk. hal itu berhubungan ama relevansi hasil pencarian.

    kalo bisa juga disertakan sumber dari masing2 hasil pencarian, misal kek tadi gw coba searh PS3, dapatnay malah game guitar hero (for ps3) degan harga $59.99 kalo hasil, masih no komen sih, cuman kalo harga, nih harga dari mana, misal toko online mana.

    karena tiap toko ntar blom tentu sama, kali ada promo, kek gamestop misal yang sering kasih promo buat game2 baru (berhubung gw nyarinay berhubungan ama itu).ato amazon, dll. dan kalo bisa idkasih link ke site sumber ntar jadi ntar bisa meliat lebih banyak detail. karena saat iin kan yang dikasih cuman nama, gambar (yang sayangnya di strech jadi banyak yang ga jelas) dan harga.

    trus tombol kil disini tu hbuat apa yah? mo di klik kagak ada reaksi (tapi keknya dih maksudnya link menuju sumber bukan???)

    tetep semangat yah 😀

  14. poia, mungkin ini minor, tapi mungkin meta perlu di edit dikit 🙂 kan namanya pureZilla ver 0.2, tapi di FF munculnya purezilla0.2 ver 1.0.0 loh 🙂

  15. Assalamualaikum;

    salah satu proyek orisinil utk open source

    akan saya coba

  16. ini buat FF versi berapa aja? ato semua versi?

    trims


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: